Selamat Datang di Blog MI NW NO. 1 Kelayu Lotim NTB, sarana berbagi pengetahuan, saling membangun dan saling memperingati"Katakan ilmu itu walau satu ayat, katakan kebenaran itu meskipun pahit"

MEDIA GAMBAR SERI

Posted by mi1kelayu.blogspot.com | | | 9 comments »

      Pengertian Media Gambar Seri

Media gambar  seri  adalah  urutan  gambar  yang mengikuti  suatu  percakapan  dalam hal  memperkenalkan  atau  menyajikan   arti  yang  terdapat  pada gambar. Dikatakan  gambar seri  karena  gambar satu dengan gambar lainnya memiliki  hubungan  keruntutan  peristiwa.  Asalan digunakannya  media gambar seri  adalah agar media gambar tersebut  dapat membantu  menyajikan  suatu kejadian  peristiwa  yang kronologis  dengan menghadirkan  orang,  benda, dan latar.  Kronologi  atau urutan  kejadian  peristiwa  dapat  memudahkan  siswa untuk  menuangkan  idenya  dalam  kegiatan  bercerita.
Gambar  seri juga  merupakan  komponen dari media gambar sebagai alat bantu  penyampaian  materi pelajaran  dan membantu  mempercepat   pemahaman  atau pengertian  pada  siswa  sesuai dengan tujuan  yang ingin dicapai,  kondisi  dan keterbatasan  yang ada mengingat kemampuan  dan  sifat – sifat khasnya  (karekteristik) media yang bersangkutan.
Gambar seri yang baik digunakan  untuk sumber belajara yaitu  memiliki ciri – ciri sebagai berikut :
  • Dapat menyampaikan  pesan atau ide tertentu
  • Memberi  kesan kuat dan menarik perhatian
  • Merangsang orang  yang melihat  untuk ingin  mengungkapkan  tentang objek – objek  dalam gambar
  • Berani dan dinamis
  • Ilsutrasi  tidak banyak,  tetapi menarik  dan mudah dipahami

Sedangkan  peranan  gambar seri sebagai media pembelajaran yaitu :
  1. apat membantu guru  dalam menyampaikan  pelajaran dan  membantu  siswa dalam belajar.
  2.  Menarik perhatian  anak sehingga  terdorong  untuk lebih giat belajar.
  3.  Dapat  membantu daya ingat siswa

           Manfaat Penggunaan Media Gambar Seri
     Dalam  kegiatan  pembelajaran, secara umum  media mempunyai   manfaat untuk : 
  1.  Memperjelas penyajian  pesan agar tidak terlalu  bersifat  varbalistis 
  2. Mengatasi keterbatasan  ruang, waktu dan daya indera, seperti misalnya objek  benda yang telalu  besar, bisa digantikan  dengan gambar, film bingkai, film atau model. 
  3.  Fungsi lain  dari  media  adalah  dapat mengatasi sikap  pasif siswa. Siswa menjadi aktif  karena gairah  belajar meningkat.   
  4. Media jua  memungkinkan  terjainya interaksi  yang lebih  langsung  antara siswa dengan lingkungan  dan memungkinkan  siswa  belajar mandiri  menurut kemampuan  dan minatnya.
          Langkah – Langkah  Pembelajaran  dengan Media Gambar Seri 
Bertolak dari yang dikemukakan oleh para ahli mengenai pengalaman belajar lebih banyak diperoleh melalui indera lihat, maka dalam proses belajar-mengajar diupayakan penggunaan media visual sebagai alat bantu penyampaian materi pelajaran. Dapat dikatakan bahwa penggunaan media dalam pengajaran khususnya media gambar akan sangat membantu mempercepat pemahaman atau pengertian dari murid sebagai peserta didik. 
Adapun langkah – langkah  penggunaan  media gambar seri  sebagai alat peraga adalah sebagai berikut :
  1. Menetapkan  tujuan mengajar dengan menggunakan  alat peraga, dalam hal ini merumuskan  tujuan pembelajaran
  2. Persiapan guru, pada fase ini guru memilih  dan menerapkan  alat peraga  mana yang  akan digunakan  untuk mencapai  tujuan  pembelajaran
  3.  Persiapan  kelas,  siswa satu kelas  harus mempunyai  persiapan  sebelum mereka menerima  pelajaran  dengan menggunakan alat peraga
  4.   Langkah  penyajian  pelajaran  dan  peragaan.  Guru harus  memilih  keahlian  dan keterampilan  yang baik  dalam menggunakan  alat peraga
  5. Langkah kegiatan belajar.  Pada langkah ini  hendaknya  mengadakan  kegiatan  belajar sehubungan  dengan menggunakan alat peraga.

9 comments

24 February 2014 at 21:47  

media gambar seri cocok diterapkan khususnya pada siswa kelas bawah, karena di dalamnya terdapat keilmuan logika yang luar biasa

24 February 2014 at 21:49  

Media gambar seri cocok digunakan pada anak- anak kelas bawah,

5 April 2014 at 07:30  

siip bgt trimakasih,....atas ilmunya

9 March 2016 at 07:44  

Sangat bermanfaat, semoga terus berkreasi membuat coretan tentang alat peraga. Sukses selalu tulisan tentang alat peraga

5 April 2016 at 05:16  

maaf mau tanya ini sumber artikel dari buku apa ya?

15 March 2019 at 12:25  

sangat bermanfaat
Salam FORMAT ADMINISTRASI DESA

9 June 2021 at 14:24  

Halo semuanya, nama saya Indrias Priastuti seorang wanita dari indonesia, dan saya bekerja dengan negara berkembang biak, dan kami telah mendengar dan juga dari perusahaan pinjaman, saya ingin segera menggunakan media ini untuk seluruh indonesia untuk mencari pinjaman internet Sangat hati-hati - Berhati-hatilah agar tidak jatuh ke tangan scammers dan penipu, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa dalam upaya asli dan nyata,

Saya ingin memberikan kesaksian saya tentang bagaimana ALLAH membimbing saya ke pemberi pinjaman nyata dan dana pinjaman nyata telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Anugerah, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditur kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk biaya pendaftaran . . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapatkan pinjaman saya.

Setelah berbulan-bulan di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditur kredit asli online yang tidak akan menambah rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk menghubungi teman saya yang baru saja mendapatkannya. Pinjaman online, kami meresmikan kami tentang masalah ini dan dia menceritakan kisah seorang wanita bernama Mrs ELINA JOHNSON yang merupakan CEO ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN.

Maka saya dan suami mengajukan aplikasi untuk jumlah pinjaman (Rp 1.000.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak menjaga usia saya, karena saya mengatakan apa yang saya ingin membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tidak ada stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari sehari setelah sertifikat yang saya setorkan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan cepat sekarang atau email di elinajohnson22@gmail.com

Tidak hanya sampai di situ, sang ibu memastikan tim ahlinya membantu Anda dalam berinvestasi sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.

Dia adalah wanita yang sangat baik dan dia tidak tahu saya melakukan ini. Saya berdoa semoga ALLAH memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di indriaspriastuti2@gmail.com nice day info lebih lanjut..

Post a Comment

Komentar Anda menjadikan kami lebih baik