Selamat Datang di Blog MI NW NO. 1 Kelayu Lotim NTB, sarana berbagi pengetahuan, saling membangun dan saling memperingati"Katakan ilmu itu walau satu ayat, katakan kebenaran itu meskipun pahit"

Di dalam dunia kerja surat menyurat adalah sesuatu hal yang sangat penting dan dilakukan secara continue.. Dalam artikel kali ini saya  akan membahas tentang Mail Merge di Word 2007.
Mail Merge adalah fitur aplikasi word processing yang digunakan untuk membuat banyak dokumen dalam satu template. Isi dokumen tersebut diambil dari sumber data terstruktur (database).
Dalam Microsoft Word, fitur mail merge dapat digunakan untuk membuat label yang berisi nama dan alamat penerima surat.
Dengan mail merge, seseorang tidak perlu membuat label surat dengan template yang sama berulang-ulang, melainkan cukup memasukkan data nama dan alamat penerima surat yang diimpor dari database.

Kita langsung saja ke langkah-langkah membuat Mail Merge di Word 2007.
Langkah pertama adalah kita membuat data master dulu di word 2007 yaitu membuat Isi Surat
 
 Untuk Yth dan Di biarkan kosong dulu karena akan di isi dengan fungsi dari mail merge. Langkah selanjutnya sikahkan klik Mailings >>>>> Start Mail Merge 
 
Langkah selanjutnya klik/pilih Letter seperti gambar dibawah ini 
 
Setelah itu klik/pilih Select Recipient >>>>>>> Type New List
Maka akan Muncul menu seperti di bawah ini
Di Menu New Address List silahkan pilih Customize Column...
Di Menu Customize Address List silahkan pilih Delete untuk menghapus Field Name disisakan dua Field Names 
 




 Setelah tersisa 2 Field Name Silahkan rename ke 2 Field name yang tersisa menjadi seperti yang dibawah




Setelah selesai silahkan klik ok, maka kita akan kembali ke menu


Silahkan masukan nama dan alamat ke dalam menu diatas minimal 3 orang


Setelah selesai memasukan nama dan alamat klik OK, maka akan muncul menu untuk menyimpan data yang telah kita buat, masukan nama filenya tanpa menggunakan spasi terus klik ok


Letakan kursor di sebelah Yth, silahkan klik Insert Merge Field >>>>>> pilih Nama sehingga di sebelah Yth muncul field name <>, Setelah itu lakukan hal yang sama untuk memunculkan field name <>



Kepada
Yth.  <>
       di <>

selanjutnya klik menu Preview Result







maka akan muncul nama dan alamat yang sudah dimasukan





untuk melihat data selanjutnya silahkan klik menu





Setelah selesaikan silahkan klik menu




untuk print silahkan klik Print Documents





untuk melakukan edit data silahkan masuk ke menu




demikian artikel tentang cara membuat mail merge di word 2007

Post a Comment

Komentar Anda menjadikan kami lebih baik