Selamat Datang di Blog MI NW NO. 1 Kelayu Lotim NTB, sarana berbagi pengetahuan, saling membangun dan saling memperingati"Katakan ilmu itu walau satu ayat, katakan kebenaran itu meskipun pahit"

 Strategi Poster Session adalah strategi  pembelajarn berkelompok  dimana siswa dalam kelas dikelompokkan menjadi  beberapa kelompok  diskusi, dimana hasil diskusi dituangkan kedalam bentuk gambar untuk kemudian dipresentasikan.
Adapun langkah - langkah penerapan strategi ini adalah :

  1. Guru menyiapkan bahan diskusi yang akan diberikan pada masing - masing kelompok siswa
  2. Guru membagi kelas  menjadi beberapa kelompok  dan meminta siswa untuk  mendiskusikan  sebuah permasalahan yang terkait topik  dalam pembelajaran.
  3. Guru meminta siswa untuk  berdiskusi
  4. Guru memina siswa untuk  menuangkan hasil  diskusi  dalam bentuk  gambar atau poster
  5. Guru meminta setiap kelompok  untuk  mempresentasikan  dan menjelaskan gambar  yang dibuat oleh kelompoknya
  6. Beri siswa beberapa pertanyaan  untuk mengecek pemahaman  siswa  terhadap materi
  7. Guru memberikan penjelasan, membarikan informasi sebenarnya dan penguataan terhadap materi.
  8. Memberikan penghargaan kelompok.
Contoh penerapan strategi ini misalnya : Pada pelajaran FIqih tentang  tata cara berwudhu. meminta siswa untuk berdisikusi tentang cara berwudhu dan dapat menuangkannya dalam bentuk gambar.
strategi ini juga dapat diterapakan pada pelajaran IPA kelas 5 yaitu tentang  Organ Pencernaan Manusia, siswa diminta untuk berdiskusi tentang organ - organ tubuh apa saja yang telibat dalam proses pencernaan kemudian dapat menggambarkannya dalam bentuk poster.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA :