Selamat Datang di Blog MI NW NO. 1 Kelayu Lotim NTB, sarana berbagi pengetahuan, saling membangun dan saling memperingati"Katakan ilmu itu walau satu ayat, katakan kebenaran itu meskipun pahit"

STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF

Posted by mi1kelayu.blogspot.com | | | 1 comments »

Pendidkan akan maju ketika semua pihak yang terlibat berpartisipasi secara akif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Pendidik harus merubah paradigma, cara pandangnya terhadap anak didik, anak didik adalah pribadi yang unik yang memiliki kemampuan  mendasar dari sejak lahir yang perlu mendapar dukungan dalam pengembangannya baik dari faktro lingkungan, keluarga dan sekolah tentunya  guru dan teman - teman sebanyanya.
Penerapan  strategi  dalam pembelajaran dipandang sangat perlu  guna menciptakan rasa  keamanan, kenyamanan dan  motivasi siswa untuk belajar. Penerapan strategi pembelajaran  aktif  mengubah  pengertian belajar, pembelajaran  dan kelas.  belajar adalah proses  bagi peserta didik  dalam membangun gagasan   atau pemahaman sendiri. Pembelajaran adalah  guru berperan serta  dengan si pembelajar (siswa) dalam membangun makna   didalam kelas.
Pembelajaran aktif hanya bisa terjadi jika  ada partisipasi  peserta didik. Demikian  juga  peran serta aktif peserta didik  tidak akan terjadi  bilaman guru  tidak aktif  dan kreatif dalam  melaksanakan  pembalajaran. Ada berbagai cara  yang melakukan  proses pembelajaran  yang memicu  dan melibatkan  peran serta aktif siswa dan mengasah  ranah  kognitif,  afektif, psikomotorik dan ranah  imaniah-transendental.
Beberapa  Strategi  Pembelajaran Aktif yang dapat  diterapkan oleh guru antara lain :

EVERYONE IS A TEACHER HERE (Setiap Murid sebagai Guru)
Strategi Everyone Is A Teacher Here yaitu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa, dan dapat disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh pembelajaran pada berbagai mata pelajaran, khususnya mencapaian tujuan yaitu meliputi aspek: kemampuan mengemukakan pendapat, kemampuan menganal masalah, kemampuan menuliskan pendapat-pendapatnya (kelompoknya) setelah melakukan pengamatan, kemampuan menyimpulkan, dan lain-lain.
Strategi pembelajaran ini diawali dengan guru  membagikan bahan bacaan sesuai dengan materi pokok yang akan diajarkan.
Adapun Langkah-langkah Pembelajarannya Sebagai Berikut :

  1. Guru membagikan kertas  kepada setiap peserta didik dan meminta  mereka  untuk menuliskan  sebuah pertanyaan tentang materi  pokok yang  telah atau sedang  dipelajari, atau  topik khusus yang ingin  mereka  diskusikan  dalam kelas.
  2. Kumpulkan  kertas-kertas  tersebut,  dikocok  dan dibagikan  kembali secara  acak  kepada  masing - masing  peserta didik  dan  diusahakan   pertanyaan tidak  kembali  kepada  yang bersangkutan.
  3. Mintalah  mereka mambaca  dan memahami  pertanyaan  dikertas  masing - masing, sambil  memikirkan   jawabannya.
  4. Undang sukarelawan  (volunter) untuk membacakan  pertanyaan  yang ada di tangannya ( Untuk  menciptakan budaya bertanya, upayakan  memotivasi  siswa untuk  angkat tangan bagi yang siap   membaca  tanpa langsung menunjuk.
  5. Mintalah  dia memberikan  respons (jawaban/penjelasan) atas pertanyaan  atau permasalahan tersebut,  kemudian mintalah  kepada teman  sekelsnya  untuk memberikan  pendapat  atau melengkapi  jawabannya.
  6. Berikan apresiasi terhadap setiap jawaban/tanggapan  siswa  agar termotivasi  dan tidak  takut salah
  7. Kembangkan  diskusi  secara lebih lanjut dengan cara siswa  bergantian  membacakan  pertanyaan  ditangan masing - masing sesuai waktu yang  tersedia
  8. Guru  melakukan kseimpulan, klarifikasi (memeberikan informasi sebenarnya) dan  tindak lanjut.
Strategi pembelajarn  Everyone is  a Teacher  here ini dapat  meningkatkan peran serta akif siswa didalam pembelajaran, dengan adanya  soal yang diberika akan memacu siswa untuk mencari jawabannya sendiri melalui  buku paket/bahan bacaan yang telah disediakan ataupun sumber bacaan lain, membudayaka sikap berani bertanya, tidak minder dan tidak takut salah.



ARTIKEL TERKAIT LAINNYA :