Selamat Datang di Blog MI NW NO. 1 Kelayu Lotim NTB, sarana berbagi pengetahuan, saling membangun dan saling memperingati"Katakan ilmu itu walau satu ayat, katakan kebenaran itu meskipun pahit"

Strategi pembelajaran aktif Reading a loud (mambaca dengan keras) adalah strategi pembelajaran untuk mengaktifkan siswa agar berperan aktif dalam proses pembelajaran  dikelas. membaca teks dengan keras  dapat membantu peserta didik  memfokuskan  perhatian  secara mental, menimbulkan  pertanyaan - pertanyaan, dan merangsang  diskusi. strategi tersebut  mempunyai efect  pada  memusatkan perhatian  dan membuat  suatu kelompok  yang kohesif. Prosedur   dari strategi  ini adalah sebagai berikut ;

  1. Guru memilih  sebuah teks  yang cukup  menarik untuk  dibaca dengan keras,  misalnya   tentang manasik haji. Guru   hendaknya   membatasi  dengan suatu  pilihan teks  yang kurang dari  500 kata
  2. Guru menjelaskan  teks itu  pada peserta didik  secara singkat.  guru  menjelaskan  poin-poin  kunci atau  masalah - masalah  pokok yang  dapat diangkat
  3. Guru  membagi bacaan teks itu dengan  aline -alinea atau beberapa cara liannya. Guru  menyuruh sukarelawan-sukarelawan  untuk membaca keras bagian yang berbeda
  4. Ketiak bacaan-bacaan  tersebut berjalan, guru menghentikan  dibeberapa  tempat untuk  menekankan poin - poin  tertentu,  kemudian guru memunculkan  beberapa pertanyaan, atau memberikan  contoh-contoh. guru dapat membuat diskusi-diskusi  singkat jika  para peserta didik  menunjukan  minat   dalam bagian tertentu. kemudian guru  melanjutkan  dengan menguji  apa yang ada  dalam teks tesebut.
  5. Guru melakukan  kesimpulan, klarifikasi dan tindak lanjut.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA :