Selamat Datang di Blog MI NW NO. 1 Kelayu Lotim NTB, sarana berbagi pengetahuan, saling membangun dan saling memperingati"Katakan ilmu itu walau satu ayat, katakan kebenaran itu meskipun pahit"

VALIDASI EMIS

Posted by mi1kelayu.blogspot.com | | , | 1 comments »


Salam Sejahtera untuk rekan – rekan operator, semoga Alloh selalu memberikan kita kekuatan untuk terus memajukan  Madrasah kita yang kita cinta. Dan semoga jalan IT ini membawa kebaikan untuk kita, IT Positif. Dan Selamat Hari Raya Idul Adha 1435 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin.
Seprti kita ketahui, saat ini para OPM sedang sibuk dengan pendataan EMIS yang menjadi tulang punggung Madrasah kita, karna mulai sekarang Pemeritah mengeluarkan kebijakan bahwa segala dana yang akan turun berdasarkan apa yang ada pada EMIS,  Aplikasi Validasi Emis ini produk dari Subbag Sistem Informasi Dijen Pendis Kemenag RI. Aplikasi ini digunakan untuk memvalidasi data Lembaga, Personal dan Siswa di Madrasah masing-masing.
Caranya tidak jauh beda dengan aplikasi EMIS sebelumnya hanya saja pada format ada tambahan yaitu Alumni, Adapun Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1.      Download aplikasi di situs resminya atau link berikut ini: http://mi1kelayu.blogspot.com/p/emis.html
Harap diperhatikan system pada PC atau Laptop anda apakah menggunakan 32bit atau 64bit. Downloadlah aplikasi Dektop EMIS yang sesuai. Cek disini :

2.      Untuk OS : Win XP SP2 /SP3, silakan download  & Instal Netframe Work  3.5 di situs resminya Microsoft:
3.      Ubahlah Seting regional PC anda menjadi English (US) dengan format: MM/dd/YYYY



 Untuk diperhatikan bahwa setingan tanggal dan waktu harus tanggal pada waktu anda validasi.
4.      Buat folder terlebih dahulu misalnya : VALIDASI EMIS kemudian ekstrak aplikasi yang anda download. Dan jalankan Validasi MI.exe
5.      Setelah terinstal, login dengan User Name: 12 digit NSM dan Pasword: lembaga, lalu pilih tahun pelajaran, dan semester  lalu isi Profil Lembaga, Jml. PTK, Rombel, Siswa. Untuk Detail PTK dan Detail Siswa bisa dilakukan dengan sistem Impor File bertype Excel 1997-2003 (*.XLS). yang telah dibuat sebelumnya  Lakukan validasi detail PTK dan Detail Siswa dengan mengekksekusi menu PROSES.  Setelah selesai Proses Validasi akan terlihat Blok Merah pada Isian yang Salah. Jika itu terjadi hapuslah data, lalu perbaiki File Excel tadi dan simpan ulang, lalu lakukan cara yang sama sampai tidak ada Blok Merah 
      Tampilan Dektop :
6.      Tips entri file excel:
Di mohon tidak menggunakan tanda baca petik, tanda tanya, atau tanda lain (lihat petunjuk pada sheet Excel) sebelum mengerjakan.
Lakukan Copy Paste Special (value) pada range tertentu File sudah di protect, oleh karena itu jangan merubah/menambah/mengurangi coloumn/rows pada file, Gunakan Split untuk menggeser kolom tertentu Setelah selesai 100% VALID, Backup File untuk Kab/Kota Kemenag. Nama File (*.emis) terdiri 4 file, yaitu: lembaga, PTK, alumni dan Siswa pada  folder yang telah dibuat tadi  lalu kirimkan ke-4 file tersebut beserta 4 file excel (*.xls) Lembaga, Personal, alumni dan Siswa ke KKM untuk selanjutnya di kirim ke Kankemenag Kab./Kota.